Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan




Banyak keutamaan dibalik puasa di bulan Ramadhan, selain untuk meningkatkan kualitas ibadah dan kadar iman taqwa kita kepada yang Maha Kuasa, puasa Ramadhan juga bermanfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa manfaat puasa antara lain : mengendalikan gula darah dalam tubuh, mengontrol berat badan serta menjaga saluran pencernaan. 

Saat diluar bulan puasa, lambung kita dipaksa bekerja secara terus-menerus, akibat pola makan tiga kali sehari. Hal ini membuat lambung kita tidak pernah istirahat, dan rentan terhadap penyakit, yang berimbas pada kesehatan tubuh kita juga. Namun, saat berpuasa di bulan suci Ramadhan, lambung kita akan bekerja lebih ringan.Hal ini akan memberikan waktu bagi organ tubuh, untuk memperbaiki proses regenerasi saluran cerna karena berkurangnya beban kerja.

Puasa Ramadhan juga bermanfaat untuk mengendalikan berat badan. Sehingga, puasa ramadhan ini akan sangat berguna sekali, bagi orang-orang yang menginginkan berat badannya turun. Bagi kaum wanita, puasa ramadhan juga dapat berguna untuk menjaga tubuh anda agar tetap langsing dan terlihat bersih.

Pola makan yang teratur, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi saat puasa, dapat bermanfaat untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh. Saat berpuasa tidak ada kudapan yang masuk ke dalam tubuh, terutama kudapan manis. Hal ini juga berdampak pada kadar lemak yang turut menurun. Sehingga,kadar gula darah dapat di netralkan secara alami, dan lebih aman dengan puasa Ramadhan ini.


Description: Manfaat Puasa Ramadhan bagi Kesehatan
Rating: 4.5
Reviewed by: Unknown
On: 11:55 PM
TOP