Bahaya Merokok Bagi Kesehatan




Bahaya Merokok Bagi Kesehatan - Merokok merupakan hal yang telah menjadi kebiasaan bagi sebagian orang. Zat adiktif yang terkadung di dalam rokok memang memberi rasa nyaman dan tenang bagi para penikmatnya. Akan tetapi, jika pembaca adalah salah satu diantara banyak orang yang menikmati ramuan tembakau dan cengkih ini, Anda harus mengetahui bahaya merokok bagi kesehatan.
 
Sebenarnya, bukan hanya tembakau dan cengkih saja yang digunakan sebagai bahan untuk memproduksi rokok. Banyak sekali bahan-bahan kimia lain yang terdapat dalam sebatang rokok yang sangat berbahaya dan membawa resiko penyakit berat bagi tubuh Anda. Orang memiliki alasan yang berbeda-beda untuk merokok. Sebagian akan mengatakan bahwa rokok memberi efek relaksasi bagi tubuh dan pikiran, sebagian lain akan mengatakan merokok karena kebiasaan.

Pada dasarnya keinginan untuk merokok terjadi karena tubuh meminta sejumlah kadar nikotin yang merupakan salah satu zat adiktif yang terdapat di dalam rokok. Lebih lengkap mengenai bahan atau zat-zat yang terkandung di dalam rokok adalah seperti di bawah ini:
  1. Nikotin : zat adiktif yang membawa resiko penyakit atau gangguan peredaran darah. Nikotin bekerja dengan mempengaruhi sistem syaraf juga memicu penyakit kanker.
  2. Tar : hirokarbon (zat yang bersifat lengket) yang menempel di paru-paru.
  3. Karbon monoksida : darah 10 kali lebih cepat mengikat/menyerap kandungan karbon monoksida daripada oksigen. Ketika Anda menghisap rokok, secara perlahan, tubuh Anda akan memaksa untuk lebih sering bernafas karena kekurangan jumlah oksigen dari yang seharusnya.
Dari zat-zat itulah, bahaya merokok bagi kesehatan sangat besar seperti dibawah ini:
  1. Fertilitas : kandungan yang terdapat dalam rokok mempengaruhi tingkat kesuburan atau fertilitas. Merokok juga membawa resiko gangguan kehamilan, janin, dan impotensi.
  2. Mulut dan gigi : tentu saja, merokok menyebabkan bau mulut dan gigi berwarna kekuningan. Selain itu, bahaya merokok bagi mulut dan gigi termasuk resiko kanker lidah dan bibir.
  3. Tulang : wanita perokok memiliki resiko osteoporosis 5-10% lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.
  4. Jantung dan paru-paru : karbon monoksida diserap oleh darah 10 kali lebih cepat daripada oksigen. Hal ini menyebabkan resiko serangan jantung bagi perokok. PPOK (penyakit paru obstruktif kronik) adalah salah satu penyakit berbahaya yang dipicu oleh rokok. Belum ditemukan obat untuk penyakit ini.
Penjelasan di atas hanya berisi sebagian kecil semua bahaya merokok; kandungan di dalam sebatang rokok berisi begitu banyak zat adiktif dan kimia yang tidak bersahabat dengan tubuh manusia.


Description: Bahaya Merokok Bagi Kesehatan
Rating: 4.5
Reviewed by: Wawan
On: 1:10 PM

2 comments

Nice post.... buatku yang perokok, rokok itu buat sensasi dan rasa nyaman yang paling aman dan kecil resikonya, lagipula tubuh ini perlu relaksasi, nah kalau ada yang ringan, nyaman dan halal, kenapa nggak....beda sama alkohol atau narkoba yang bisa bikin orang nggak sadar kalau memakenya, itulah mengapa miras, ganja dll itu haram n dikarang keras sama negara, sedang rokok masih legal n sah-sah saja.

tetap saja sob!!!

namanya rokok tetap nggak baik...

TOP