Cara Membuat Hotspot atau Memancarkan Wifi Laptop Tanpa Software



Cara membuat hotspot atau memancarkan wifi laptop tanpa software. Bagi anda pengguna ponsel canggih seperti ponsel android ataupun iphone mungkin untuk membuat hotspot atau memancarkan wifi bisa sangat mudah, namun bagi anda pengguna laptop sistem operasi windows agak kerepotan juga karena tidak ada menu atau settingan untuk memancarkan wifi. Walaupun banyak bertebaran software untuk memancarkan wifi namun terkadang kita malas menggunakannya karena memberatkan kinerja laptop, belum lagi software yg diinstall terkadang tidak kompatibel atau malah minta lisensi berbayar :D. Bila anda suka cara manual, simak saja Cara Membuat Hotspot atau Memancarkan Wifi Laptop Tanpa Software dibawah ini.


Sebelum memulai membuat hotspot atau memancarkan wifi dari laptop ada baiknya kita cek dulu apakah driver wifi kita kompatibel untuk memancarkan wifi atau tidak. Sebagai contoh saya menggunakan windows 8.1, caranya, cari command prompt (cmd) lalu klik kanan, pilih run as administrator seperti gambar dibawah ini :

 Run as administrator
Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah dibawah ini :

netsh wlan show drivers
lalu tekan enter. Jika Hosted network supported berbunyi yes seperti gambar dibawah ini berarti laptop anda bisa untuk memancarkan wifi 


Untuk Membuat Hotspot atau Memancarkan Wifi Laptop Tanpa Software Langkah selanjutnya pada command prompt tadi ketik perintah dibawah ini :
netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=wawanspot key=wawan555
Keterangan :
ssid= merupakan nama Hotspot atau wifi yang akan dibuat, bisa diganti sesuai keinginan
key= merupakan password hotspot atau wifi yang akan dibuat,  bisa diganti sesuai keinginan tetapi minimal 8 karakter
Contoh pengetikan pada gambar dibawah ini :

setelah anda ketik lalu tekan enter maka hasilnya seperti ini :
Langkah diatas adalah untuk membuat nama Hotspot, mengeset password dan mengijinkan untuk memancarkan wifi

Langkah selanjutnya tinggal kita mengaktifkan hotspot kita, caranya ketik perintah dibawah ini :
netsh wlan start hostednetwork
Lalu tekan enter. Jika berhasil akan seperti contoh gambar dibawah ini :
Sekarang anda bisa close command prompt dan buka control panel -> Network and Internet -> Network and Sharing Center -> Change Adapter Setting

Disana akan terlihat network connection baru dengan nama hotspot yang tadi kita buat seperti contoh dibawah ini :
Klik kanan pada ethernet atau modem yang anda pakai lalu pilih properties

Setelah muncul properties, pada tab Sharing centang "Allow oter network users to connect through this computer's Internet connection" dan pada menu dibawahnya pilih hotspot yang tadi kita buat lalu tekan OK, Lihat contoh gambar dibawah ini (Klik untuk memperbesar gambar) :
Selanjutnya anda tinggal mencoba hubungkan hp atau laptop anda dengan hotspot yang telah kita buat. Selamat mencoba :) dan bila ada pertanyaan tentang Cara Membuat Hotspot atau Memancarkan Wifi Laptop Tanpa Software silahkan tinggalkan komentar anda lewat form komentar dibawah ini.


Description: Cara Membuat Hotspot atau Memancarkan Wifi Laptop Tanpa Software
Rating: 4.5
Reviewed by: Wawan
On: 11:46 PM
TOP