Manfaat Buah Pepaya



Manfaat Buah Pepaya
Pasti anda tahu buah yang satu ini. Selain rasanya yang manis juga gampang di dapat bahkan di pekarangan anda sendiri. Selain itu pepaya juga bisa diolah dalam berbagai macam makanan atau minuman sehingga tidak membuat orang malas untuk makan buah. Hal inilah yang mungkin membuat orang-orang gemar mengkonsumsi buah pepaya. Buah pepaya atau carica papaya adalah tumbuhan yang termasuk buah-buahan yang asalnya dari Meksiko bagian selatan dan Amerika bagian selatan. Namun saat ini pepaya sudah sangat mudah ditemukan di negara-negara lain salah satunya Indonesia. Sebutan yang umum diberikan untuk pepaya oleh masyarakat Indonesia adalah “kates” bagi masyarakat jawa sedangkan di sunda disebut dengan “gedang”. Namun tahukan anda jika dibalik rasanya yang nikmat, manfaat buah pepaya juga sangat baik bagi tubuh anda. Tidak hanya buahnya saja, namun sampai daun dan bijinya memiliki segudang manfaat.

Dibawah ini adalah manfaat buah pepaya dan juga beberapa bagian dari buah pepaya lainnya yang sangat baik bagi kesehatan tubuh anda :

Menurunkan berat badan
Salah satu manfaat buah pepaya yang baik bagi anda adalah bagi mereka yang sedang mencoba untuk menurunkan berat badan. Buah ini baik untuk anda yang sedang menjalankan program diet karena buah ini rendah kalori sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak akan berbahaya bagi tubuh. Selain itu kandungan gizi di dalamnya juga sangat baik.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Mengkonsumsi buah pepaya sangat baik bagi anda yang sering beraktifitas karena buah pepaya sangat baik untuk meningkatkan daya tubuh anda karena mengandung vitamin C.

Detoksifikasi
Buah ini sangat sering digunakan oleh orang-orang kebanyakan untuk detoksifikasi. Apa itu detoksifikasi? Detoksifikasi adalah proses pembuangan racun-racun yang berbahaya bagi tubuh kita. Proses ini secara alami dilakukan saat kita sedang buang air besar, oleh karena itu menggunakan pepaya sebagai detoksifikasi sangat baik manfaatnya. Caranya mudah, hanya dengan mengkonsumsi buah pepaya yang segar dalam jumlah cukup.

Mencegah penuaan dini
Nah manfaat buah pepaya yang satu ini adalah untuk kecantikan. Buah pepaya sangat berguna untuk mencegah penuaan dini karena mengandung banyak unsure yang mampu membantu memerangi radikal bebas.
 
Manfaat buah pepaya tidak hanya berhenti di buahnya saja. Beberapa bagian dari pepaya juga sangat berguna untuk kesehatan kita. Contoh saja daun pepaya. Daunnya bisa digunakan sebagai obat jerawat. Anda hanya membutuhkan dua sampai tiga lembar daun pepaya yang sudah tua lalu jemur dan tumbuk sampai halus. Dan daun pepaya pun dapat anda gunakan sebagai masker. Manfaat buah pepaya yang daunnya bisa dipakai untuk menambah nafsu makan dapat digunakan bagi anda yang memiliki anak-anak kecil. Caranya mudah. Anda hanya harus memblender daun pepaya kemudian saring airnya dan air itulah yang bisa anda gunakan sebagai obat penambah nafsu makan bagi anak-anak anda.
 
Selanjutnya, manfaat buah pepaya juga sampai ke biji-bijinya. Biji buah pepaya bermanfaat untuk anti bakteri yang efektif melawan bakteri e coli, salmonella dan infeksi staphylococcus. Selain itu ekstrak biji pepaya dapat pula melindungi ginjal dari racun yang dapat memicu gagal ginjal.


Description: Manfaat Buah Pepaya
Rating: 4.5
Reviewed by: Wawan
On: 2:41 PM

2 comments

detoksifikasinya itu pake zat apa bang yang terkandung? apakah antioksidan?

terimakasih atas infonya gan. met malam

TOP