Cara Mengatasi Bau Mulut



Cara Mengatasi Bau Mulut
Bau mulut adalah satu hal yang kadang membuat jengkel. Anda menjadi kurang percaya diri sehingga tidak bisa mengeluarkan atau menunjukkan kemampuan anda seutuhnya. Hal ini juga kadang sangat mengganggu dalam pergaulan. Walaupun lawan bicara anda tidak pernah memberitahukan ketidak nyamanan yang ia rasakan, namun ada kalanya rasa tahu diri anda membuat hubungan anda dengan orang tersebut renggang. Lalu bagaimanakah cara mengatasi bau mulut sehingga tidak lagi menghantui anda dalam pergaulan?

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan sebagai cara mengatasi bau mulut. Namun sebelumnya mari kita pelajari dulu hal-hal apa saja yang membuat mulut anda mengeluarkan bau tidak sedap. Salah satu penyebab yang paling dominan adalah bakteri di dalam mulut. Bakteri inilah yang memproduksi sebuah senyawa belerang yang dengan mudahnya menguap sehingga membuat mulut anda mengeluarkan bau tidak sedap. Ada juga yang disebabkan oleh infeksi pada bagian amandel, tenggorokan, atau hidung. Jika memang ini masalahnya disarankan untuk segera berkonsultasi pada dokter ahli. Sebab ketiga tidak lain tidak bukan adalah gigi berlubang dan juga karang gigi yang muncul akibat kurangnya menjaga kesehatan dan kebersihan daerah mulut. Nah sekarang bagaimana cara mengatasi bau mulut agar tidak lagi mengganggu dalam kehidupan anda?
  1. Sering-seringlah sikat gigi. Ikutilah saran dokter untuk setidaknya menggosok gigi paling tidak dua kali sehari atau lebih bagus lagi setelah habis makan. Hal ini akan sangat membantu kesehatan daerah mulut anda karena membersihkan kuman-kuman yang tersisa sehabis makan. Inilah salah satu cara mengatasi bau mulut yang paling ampuh.
  2. Hindari makanan yang membuat nafas anda bau. Seperti contohnya banyak memakan bawang putih atau makanan seperti petai dan jengkol. Boleh-boleh saja jika anda ingin mengkonsumsi makanan tersebut, namun lebih baik jangan disaat anda akan bertemu dengan teman atau klien penting sehingga membuat kegiatan anda terganggu.
  3. Cara mengatasi bau mulut yang ketiga adalah mengehentikan kebiasaan merokok. Bagi anda yang perokok mungkin tidak tahu tentang hal ini. Namun untuk mencegah bau mulut adalah salah satu dari banyak alasan agar anda berhenti merokok. Jika sulit untuk melakukannya maka anda bisa mengubah kebiasaan tersebut perlahan-lahan. Misal mengganti rokok dengan makanan yang lainnya.
  4. Mengurangi konsumsi makanan manis juga menajadi salah satu pilihan. Seperti yang sudah kita ketahui, manisan seperti permen dan coklat merangsang tumbuhnya bakteri pada mulut anda. Sebaiknya pilihlah permen yang tidak terkandung zat pemanis di dalamnya.
  5. Rajin-rajinlah pergi ke dokter gigi. Salah satu cara mengatasi bau mulut yang ampuh tentu saja dengan berkonsultasi pada ahlinya. Pergi ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan sangat dianjurkan.
Nah demikianlah tips kesehatan tentang cara mengatasi bau mulut. Jadi apakah anda sudah tahu penyebab utama penyakit bau mulut anda? Jika sudah yakin apa penyebabnya maka anda bisa melakukan salah satu dari berbagai cara diatas untuk mengembalikan kembali rasa percaya diri anda dalam bersosialisasi.


Description: Cara Mengatasi Bau Mulut
Rating: 4.5
Reviewed by: Wawan
On: 4:41 PM
TOP