Manfaat Temulawak



Manfaat Temulawak
Manfaat Temulawak - Temulawak adalah sebuah tanaman obat tradisional yang sudah terkenal khasiatnya sejak jaman nenek moyang. Kita patut berbangga diri karena tanaman obat ini adalah asli dari Indonesia. Curcuma xanthorrhiza berasal dari pulau jawa, lalu menyebar ke beberapa tempat lainnya. Selain penyebaran di Asia tenggara, tanaman ini juga bisa ditemukan di China, India, Jepang, Korea, dan lain-lainnya serta di Amerika dan beberapa negara di Eropa. Masyarakat Indonesia sendiri biasa membudidayakan tanaman obat ini di pekarangan mereka. Temulawak lebih cocok untuk tumbuh dan di kembangkan di dataran sedang.

Mungkin beberapa orang kurang tau apa itu manfaat temulawak. Sejauh yang kita tahu, temulawak biasa dikonsumsi dengan dijadikan jamu. Tumbuhan ini mengandung 48-59,64 % zat tepung, 1,6-2,2 % kurkumin dan 1,48-1,63 % minyak asiri yang dipercaya sebagai manfaat temulawak meningkatkan kerja ginjal serta anti inflamasi. Kandungan utama rimpang temulawak adalah protein, karbohidrat, dan minyak atsiri yang terdiri atas kamfer, glukosida, turmerol, dan kurkumin. Temulawak juga kadang dimanfaatkan dengan mengambil patinya kemudian diolah menjadi bubur dan disajikan pada bayi atau orang-orang yang memiliki gangguan pencernaan. Manfaat temulawak lainnya akan dijabarkan secara singkat dan jelas lebih lanjut di bawah ini.
  1. Menyembuhkan penyakit hepatitis B
    Hepatitis B adalah suatu penyakit yang penyebabnya adalah virus hepatitis B. virus tersebut menyebabkan peradangan hati yang akut atau menahun bahkan mungkin menjadi kanker hati. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi temulawak dengan jumlah yang cukup untuk menghindari hal tersebut. Cara mengkonsumsi manfaat temulawak sangat mudah, ada hanya perlu mengupas temulawak dan mencucinya sampai bersih kemudian dipotong tipis-tipis. Setelah itu anda diharuskan untuk menjemur temulawak tersebut sampai kering. Temulawak yang mongering tersebut direbus sampai mendidih lalu saring untuk diambil airnya. Dengan begini anda akan terhindar dari virus hepatitis B.
  2. Mengontrol kolesterol dalam tubuh
    Manfaat temulawak untuk mengurangi kolesterol dalam tubuh disarankan untuk mengkonsumsi temulawak secara rutin. Efek yang akan diberikan temulawak bagi tubuh kita mengurangi kolesterol yang buruk dan mengangkat kolesterol yang baik. 
  3. Memperbaiki fungsi pencernaan
    Pada sebuah penelitian, ditemukan bahwa serbuk rimpang dapat meningkatkan aktivitas dalam lambung sehingga hal tersebut membantu metabolism dalam tubuh dan dapat mengurangi kontraksi yang terjadi di usus halus.
  4. Mengurangi nyeri tulang dan radang sendi
    Sebuah zat bernama kurkunmin yang terkandung dalam temulawak membantu mengurangi nyeri dan radang sendi. Dari hasil uji laboratorium, menunjukkan adaknya perbaikan pada radang sendi jika digunakan sebanyak empat ratus sampai seribu dua ratus milligram per harinya.
  5. Membantu menghambat penggumpalan darah
    Kurkumin yang terdapat pada temulawak, selain membantu dalam hal persendian, juga membantu dalam penghambantan pengumpalan darah. Cara kerjanya adalah menghambat pembentukan tromboksan B-2 sebuah senyawa yang membuat darah anda menggumpal. Dosis yang harus diminum setiap harinya adalah sekita dua ratus lima puluh sampai enam ratus milligram.
Demikianlah sedikit informasi tentang manfaat temulawak semoga informasi yang diberikan dapat berguna dalam kehidupan sehari-hari anda. Cobalah untuk mengkonsumsi temulawak setiap hari sehingga manfaat temulawak dapat langsung anda rasakan.


Description: Manfaat Temulawak
Rating: 4.5
Reviewed by: wawan coy
On: 7:40 PM
TOP