Cara mengatasi anak susah makan



Cara mengatasi anak susah makan - Anak-anak memang menyimpan berbagai macam hal baik itu kebahagiaan maupun kekhawatiran orang tua. Salah satu hal yang sangat disesalkan adalah ketika anak tidak mau atau mengalami masalah dengan rutinitas makan. Berikut ini adalah cara mengatasi anak susah makan dengan mudah :
  1. Variasi makanan
    Bisa saja, anak-anak merasa bosan dengan menu makanan yang biasa Anda siapkan untuk mereka setiap hari. Memang jenis makanan tertentu sangat dianjurkan untuk menunjang pertumbuhan tubuh dan otak anak-anak. Tetapi, menu yang monoton tentu membuat anak menjadi malas mencicpi rasa makanan tersebut. Sebagai orang tua, Anda harus bisa mencari sumber gizi alternatif yang bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan dengan cita rasa yang berbeda untuk menarik minat anak. Variasi menu makanan adalah salah satu cara mengatasi anak susah makan yang efektif.
  2. Hindari makanan ringan
    Anda boleh saja menyediakan makanan ringan untuk anak-anak, tetapi jumlah dan kandungan kalori yang terdapat pada makanan ringan harus diperhatikan. Makanan ringan yang mengandung banyak kalori tentu membuat anak Anda tidak atau belum merasa lapar ketika waktu makan tiba. Apabila anak Anda memang suka makanan ringan, berilah jenis yang tidak mengandung banyak kalori seperti potongan buah, keju, es krim dan sebagainya. Hindari makanan ringan yang mengandung bahan kimia berlebih.
  3. Batasi konsumsi susu
    Memang, susu sangat dianjurkan bagi anak-anak usia dini. Setelah 1 sampai 2 tahun, kurangi konsumsi susu secara bertahap sehingga anak Anda mendapat asupan gizi yang lebih sempurna dari makanan. Tentu susu tidak perlu sepenuhnya dihilangkan dari menu. tetapi alangkah lebih baik jika 4 sehat 5 sempurna diterapkan dalam setiap menu masakan bagi anak-anak usia pertumbuhan.
  4. Beri contoh yang baik
    Anak-anak akan meniru semua kebiasaan orang dewasa yang ada di sekitar mereka. Jika Anda adalah orang tua yang malas makan, tentu anak akan meniru kebiasaan Anda. Berilah contoh yang baik seperti makan teratur untuk ditiru anak Anda.
Sebenarnya, sikap malas makan adalah bagian dari perkembangan anak yang normal. Jika Anda salah menangani masalah ini dengan melakukan pemaksaan dan tindakan kekerasan, akan timbul perasaan phobia pada anak yang terbawa hingga dewasa, dan itu bukan cara mengatasi anak susah makan yang efektif. Didiklah dengan baik dan beri penjelasan yang bisa diterima oleh pemikiran mereka tentang pentingnya makan untuk menarik minatnya.


Description: Cara mengatasi anak susah makan
Rating: 4.5
Reviewed by: Wawan
On: 11:49 AM

1 comments:

Kebetulan anak saya lagi susah makan nih Kawan.
Terimakasih tipsnya, sangat bermanfaat.
Salam persahabatan dari Lombok.

TOP