Makanan Pantangan Ibu Hamil



Makanan Pantangan Ibu Hamil - Jika Anda seorang wanita yang sedang mengandung, banyak sekali larangan atau pantangan yang sama sekali tidak boleh dilanggar terutama masalah makanan. Beberapa orang mengatakan bahwa makanan pantangan ibu hamil hanyalah mitos saja, tetapi fakta telah membuktikan bahwa jenis makanan tertentu memang tidak dianjurkan untuk menjaga kesehatan calon ibu dan janinnya.
Beberapa makanan pantangan ibu hamil yang harus diketahui adalah sebagai berikut:
  1. Kafein
    Kafein yang terdapat dalam kopi sebenarnya boleh saja dikonsumsi dalam jumlah minimum. Terlalu banyak konsumsi kafein bisa menyebabkan keguguran.
  2. Alkohol
    Sebenarnya, alkohol dapat membantu menjaga kesehatan dalam jumlah tertentu sesuai petunjuk dokter. Akan tetapi, konsumsi alkohol saat hamil bisa menyebabkan gangguan mental pada bayi. Oleh karena itu, hindari konsumsi alkohol sebisa mungkin saat hamil unuk memastikan kondisi kesehatan janin.
  3. Merkuri
    Beberapa jenis ikan yang dikatakan mengandung gizi tinggi dan dianjurkan untuk dikonsumsi seperti tuna dan trout juga merupakan makanan pantangan ibu hamil. Memang, kandungan gizi makanan tersebut bisa bermanfaat untuk orang dewasa. Janin yang masih dalam proses pembentukan saraf harus dihindarkan dari kandungan merkuri yang terdapat pada jenis-jenis ikan tersebut.
  4. Sayuran, daging, dan ikan mentah
    Jenis makanan ini sering ditemukan di restoran-restoran bernuansa Jepang. Salah satu makanan yang disebut sushi, mengandung beberapa bahan makanan yang sama sekali tidak diolah memalui proses memasak terlebih dahulu. Walaupun makanan ini sangat umum dikonsumsi di negara Jepang, tetapi ibu hamil tidak dianjurkan untuk meniru kebiasaan tersebut. Makanan mentah mengandung banyak bakteri berbahaya seperti salmonela dan toxoplasma yang bisa mengganggu kesehatan calon ibu dan bayinya.
  5. Susu non-pasteurisasi
    Susu non-pasteurisasi mengandung bakteri listeria yang bisa menyebabkan pendarahan dan tidak menutup kemungkinan keguguran. Calon ibu sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan ini demi kelangsungan hidup janin yang sedang dikandung.
Wanita yang sedang hamil juga harus secara rutin memantau kondisi janin dan meminta saran dari dokter kandungan mengenai menu makanan yang dianjurkan. Segala macam makanan yang tersebut di atas memang tidak dianjurkan, tetapi makanan lain yang mungkin saja biasa Anda konsumsi sehari-hari juga membawa resiko besar bagi kesehatan janin. Contoh makanan pantangan ibu hamil tersebut di atas hanya sebagian kecil dari semua yang harus dihindari. Konsultasikan ke dokter dan ahli gizi untuk memastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi tidak berbahaya.


Description: Makanan Pantangan Ibu Hamil
Rating: 4.5
Reviewed by: Wawan
On: 11:33 AM
TOP