Anjuran Makanan Ibu Hamil



Makanan Ibu Hamil - Seorang wanita yang sedang hamil membutuhkan banyak nutrisi dan makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi nya dan juga untuk janin yang sedang dikandung. Untuk memastikan bahwa janin tersebut tumbuh dengan gizi berkecukupan dan sehat selama masa kandungan, seorang ibu/wanita yang sedang hamil harus cermat dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi. Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil untuk mencukupi kebutuhan gizi:
  1. Ikan salmon
    Protein tinggi yang terkandung dalam daging ikan salmon sangat membantu menjaga kondisi kesehatan ibu. Makanan Ibu Hamil ini dibandingkan dengan ikan lain, memiliki kadar merkuri yang jauh lebih rendah. Merkuri adalah zat berbahaya yang bisa mengganggu proses pembentukan saraf bayi. Mengkonsumsi ikan salmon memang dianjurkan, tetapi harus diingat bahwa kandungan merkuri yang berlebihan bisa berbahaya.
  2. Kacang
    Salah satu sumber gizi terbaik dari semua jenis sayuran yang ada adalah kacang terutama buncis, serat dan protein yang terdapat dalam kacang buncis membantu menjaga kestabilan pencernaan dan seluruh sistem metabolisme tubuh selama kehamilan. Secara umum, proses metabolisme berubah secara drastis dalam tubuh wanita yang sedang hamil. Gangguan pencernaan manjadi salah satu keluhan yang paling sering diderita; kacang buncis memiliki kadar serat yang tinggi untuk membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain serat dan protein, Makanan ibu hamil ini juga dikenal sebagai penghasil kalsium, folat, dan seng.
  3. Ubi jalar
    Ubi jalar adalah penghasil vitamin A yang sangat baik. Apa kelebihan vitamin A dari ubi jalar dibandingkan dengan dari sumber lain? Ubi jalar menyimpan suatu zat yang disebut karotenoid; zat ini adalah bentuk vitamin A yang belum bisa dimanfaatkan oleh tubuh. Saat tubuh Anda membutuhkan vitamin A, karotenoid akan diproses secara alami oleh tubuh menjadi vitamin A. Selain itu, ubi jalar juga menyimpan zat-zat berguna yang lain seperti vitamin C, serat dan folat.
  4. Sayuran Berwarna Hijau
    Manfaat sayuran berwarna hijau memang sudah dikenal sejak dulu sebagai Makanan Ibu Hamil. Sayuran seperti bayam mengandung vitamin A, C, K dan zat berguna lain seperti folat. Pada dasarnya semua sayuran yang berwarna hijau memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi untuk membantu wanita yang sedang hamil dalam menjaga kondisi tubuh.
Dalam memilih makanan ibu hamil, pastikan bahwa keadaan saat akan dimasak masih segar untuk memastikan bahwa kandungan gizi nya belum hilang. Buah-buahan segar juga merupakan makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil.


Description: Anjuran Makanan Ibu Hamil
Rating: 4.5
Reviewed by: Wawan
On: 6:21 PM
TOP