Manfaat Jahe



Besarnya Manfaat Jahe Bagi Tubuh


Manfaat Jahe - Rempah-rempah merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia. Bahkan ratusan tahun lalu orang Eropa datang berlayar selama berbulan-bulan hanya untuk mencari rempah-rempah yang memang terkenal manfaatanya untuk memberi cita rasa pada masakan juga untuk kesehatan. Salah satu jenis rempah-rempah yang paling terkenal dan dimanfaatkan hampir di semua negara adalah jahe.  Tumbuhan jenis ini memilki kandungan yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit dan penghangat badan yang disebut zingeron.

Lalu sejak kapan manfaat jahe dikenal?


Jahe telah ada sejak ribuan tahun lalu dan manfaat jahe sudah lama dikenal dan hingga sekarang jahe telah dimanfaatkan untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Selain itu, jahe juga digunakan sebagai bumbu masakan di berbagi negara. Bahkan, banyak produsen obat terkenal menggunakan jahe sebagai salah satu campuran dalam ramuan mereka karena besarnya manfaat yang terkandung dalam jahe untuk menjaga kesehatan.

Walaupun jahe telah digunakan sebagai bumbu masakan di berbagai negara di Eropa, tumbuhan ini hanya dapat tumbuh subur di Asia Tenggara, Afrika dan Brazil. Memang, rempah-rempah menjadi alsan yang kuat mengapa beratus-ratus tahun yang lalu banyak negara-negara dari benua Eropa datang ke Asia. Rempah-rempah termasuk jahe memang merupakan komoditi yang sangat berharaga di Eropa dari dulu hingga sekarang.

Apa sajakah Manfaat Jahe itu?

Di bawah ini adalah beberapa manfaat jahe yang telah lama dikenal di masyarakat Indonesia pada umumnya:
  1. Mimuman penghangat tubuh
  2. Menghilangkan mual
  3. Menurunkan kadar kolesterol
  4. Menghilangkan bau mulut
  5. Menyembuhkan sariawan
  6. Mengobati perut kembung
  7. Mengobati kram perut
  8. Menurunkan tekan darah
  9. Mengobati rematik
  10. Menghilangakan rasa nyeri di punggung dan pinggang
  11. Menyembuhkan pilek atau hidung tersumbat
  12. Sebagai bumbu masakan
Lalu agar mendapatkan manfaat jahe yang maksimal bagaimana cara penyajiannya?
Sebenarnya ada banyak cara mengolah jahe, tergantung selera anda juga sih. namun agar memperoleh hasil yang maksimal dari manfaat jahe biasanya diolah menjadi wedang. Berikut ini cara sederhana yang bisa anda pakai untuk membuat wedang jahe untuk mendapatkan manfaat jahe yang maksimal :

Bahan : Siapkan 100gr jahe lalu dibakar dan memarkan, Siapkan gula jawa yang sudah dihaluskan 100gr, Kayu manis secukupnya (sekitar 2-3cm), 2 batang serai, dan siapkan 800 mililiter air, anda juga bisa menambahkan kolangkaling dengan terlebih dahulu di rebus dan iris tipis2, dan juga bisa ditambah kacang. 

Cara membuatnya : Didihkan air dan masukan Gula Jawa, Jahe, serai, dan kayu manis yang sudah di siapkan tadi dan tunggu hingga gula larut. Anda bisa menambahkan Kolangkaling dan kacang, sesuai selera anda.

    Penjelasan di atas adalah sebagian manfaat jahe yang biasa digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dari semua khasiat jahe untuk menyembuhkan atau meringankan berbagai penyakit, tidak ada satu pun efek samping yang ditimbulkan. Kelemahan jahe adalah tumbuhan ini tidak tahan lama dalam penyimpanan. Cara yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan mengupas dan kemudian menyimpannya dalam pendingin. Denagn cara tersebut, jahe dapat bertahan dalam jangka waktu cukup lama tanpa menghilangakan sifat-sifat baiknya. Maka dari itu, Anda bisa kapan saja mengambil, mengolah, dan mendapat manfaat jahe sesuai yang Anda inginkan. Semoga pembahasan mengenai cara penyimpanan dan manfaat jahe ini bermafaat bagi pembaca sekalian.


    Description: Manfaat Jahe
    Rating: 4.5
    Reviewed by: wawan coy
    On: 9:59 AM

    2 comments

    gan menurut gw jahe itu adalah emas hijau.. maka nya belanda beta sampe 350 tahun jaja indonesia.. itu karena si jahe dan kawan-kawan yang membuat belanda jadi gelap mata

    mantaps artikel nya mas

    TOP