Manfaat Daun Sirih



Manfaat Daun Sirih atau kegunaan daun sirih Untuk Menjaga Kesehatan

Manfaat daun sirih untuk kesehatan telah lama dikenal di Indonesia; tumbuhan ini memiliki banyak kahasiat untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit. Besarnya manfaat sirih ini tidak lain adalah karena kandungan yang terdapat di dalam setiap bagian tumbuhan tersebut seperti zat antiseptik. Pada umumnya zat ini digunakan untuk mengobati penyakit-penyakit ringan seperti mimisan atau hidung berdarah, keputihan, gangguan tenggorokan, bahkan kelainan seksual seperti gangguan ereksi.

Walaupun telah banyak manfaat daun sirih telah ditemukan melalui berbagai studi, penelitian tetap terus berjalan sampai sekarang demi mendapat manfaat optimal dari tumbuhan ini. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirih sebagai obat alami untuk berbagai penyakit :
  1. Manfaat daun sirih untuk mengobati batuk

    Untuk meringankan dan mengobati penyakit batuk, pasien bisa menggunakan 15 lembar daun sirih yang direbus bersama 3 gelas air. Ketika volume air sudah berkurang sampai tiga perempat saja, lalu minum air tersebut bersama madu.
  2. Manfaat daun sirih untuk obat Bronkitis

    Penderita bronkitis juga bisa memanfaatkan daun sirih untuk meringankan penyakit ini. Caranya adalah dengan merebus 7 lembar daun sirih bersama dua gelas air dan sedikit gula batu. Rebus hingga volume air tersisa setengahnya saja. Pasien dianjurkan untuk meminumnya tiga kali sehari dengan dosis sepertiga gelas air setaip kali minum.
  3. Manfaat daun sirih untuk mengobati Mimisan

    Salah satu manfaat daun sirih yang telah diketahui oleh masyarakat adalah untuk menghentikan mimisan. Caranya sangat mudah yaitu dengan menggunakan selembar daun sirih yang kemudian dimemarkan dan digulung lalu diselipkan ke dalam lubang hidung.
  4. Manfaat daun sirih untuk mengobati Mata merah

    Manfaat lain dari daun sirih adalah untuk menyembuhkan mata merah. Anda bisa merebus beberapa lembar daun sirih bersama segelas air. Ketika air sudah mendinigin, gunakan untuk mencuci mata secara teratur.
  5. Manfaat daun sirih untuk mengobati Bisul

    Daun sirih juga bisa menyembuhkan penyakit luar seperti bisul. Untuk penyakit ini, daun sirih tidak perlu direbus, cukup dicuci saja sampai bersih, kemudian dihaluskan sebelum dioleskan pada bagian bisul. Anda juga harus mengganti ramuan ini dua kali sehari untuk hasil optimal.
Manfaat daun sirih di atas hanya sebagian kecil dari semua manfaat daun sirih yang bisa kita manfaatkan untuk menjaga kesehatan. Pemanfaatan daun sirih sebagai obat alami memang lebih baik karena tidak mengandung efek samping yang berbahaya dan tentu saja biaya nya lebih murah daripada harus membeli obat yang diproduksi melalui proses kimiawi. Daun sirih bisa tumbuh dengan baik hampir di semua wilayah di Indoensia sehingga Anda bisa mendapatkan manfaatnya dengan mudah.


Description: Manfaat Daun Sirih
Rating: 4.5
Reviewed by: Wawan
On: 7:05 PM
TOP