Mencegah duplikat konten dari arsip kita sendiri



Duplikat konten terkadang bukan dari blog atau situs lain yang mencuri konten kita, tetapi kadang dari blog kita sendiri. Yang sering membuat duplikat konten dari blog kita sendiri adalah arsip blog kita. Kita melihat halaman arsip tidak memiliki isi mereka sendiri, tetapi yang kita lihat pada halaman arsip adalah duplikat yang diambil dari halaman posting kita sendiri. Dan jika kedua halaman tersebut (posting individu dan halaman arsip memiliki konten yang sama) yang diindeks oleh Google, itu merupakan duplikat konten.
Masalahnya mungkin ketika kita menambahkan widget Arsip pada homepage blog kita. karena widget ini menyediakan akses web crawler ke halaman arsip, maka secara otomatis link halaman arsip terindeks secara otomatis.
Anda dapat mencegah duplikat konten dengan mengatakan mesin pencari tidak ke halaman arsip indeks. Hal ini dapat kita atasi dengan menambahkan "noindex" meta tag robot ke halaman arsip (dan arsip halaman saja).
Berikut ini adalah cara untuk mencegahnya :
  • Login ke akun Blogger Anda.
  • Pergi ke Dashboard> Desain> Edit HTML.
  • Cari kode <head> dan tambahkan kode berikut di bawahnya :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;archive&quot;'>
<meta content='noindex,noarchive' name='robots'/>
</b:if>

Selanjutnya untuk menghapus duplikat konten dari arsip kita yang sudah terindeks oleh Google gunakanlah penghapusan url dari google webmaster.


Description: Mencegah duplikat konten dari arsip kita sendiri
Rating: 4.5
Reviewed by: Wawan
On: 5:49 PM

5 comments

saya juga pakai cara ini supaya ga duplikat konten

mantap gan, tingkyu infonya, ane punya 15 nih duplikat kontennya. hehe

tanks saya merasa ini cara yang pling benar

thx, gan saya juga sering mengalami hal ini

TOP