Tips menjaga kesehatan mata



Tips menjaga kesehatan mata

Tips menjaga kesehatan mata, Mata merupakan salah satu aset kita yang tak ternilai harganya. Bagaimana tidak, setiap aktifitas yang kita jalani tanpa penglihatan tentunya akan terganggu. Kita dapat membayangkan jika kita mengalami kerusakan mata atau kebutaan, kita tidak dapat menikmati dan merasakan betapa indahnya alam semesta ini. 
Setiap orang mendambakan mata yang sehat. Namun untuk menjaga agar mata kita selalu sehat tentunya banyak usaha yang harus kita lakukan. Berikut ini adalah tips menjaga kesehatan mata agar mata anda selalu sehat :
  • Konsumsi Makanan Yang Bergizi
Selain wortel yang mengandung banyak vitamin A, masih banyak lagi makanan yang baik untuk mata. Seperti mangga yang mengandung betakaroten serta vitamin C dan E atau ikan laut yang merupakan sumber decosahexaenoid (DHA) yang berperan penting untuk kesehatan mata.
  • Istirahatkan Mata minimal 1 jam sekali
Tidakhanya waktu tidur, mengistirahatkan mata pada waktu bekerja juga penting. Hampir semua orang merasakan mata mereka jadi tidak nyaman setelah duduk seharian di depan layar komputer. Hal ini disebabkan mata berkedip 25% lebih sedikit dari biasanya, yang menyebabkan mata jadi kering. Satu hal yang bisa dilakukan adalah menutup mata Anda dan menghitung sampai 10 sebelum membukanya kembali. Hal lainnya adalah berpaling dari layar monitor dan fokus pada sebuah objek yang jauh, sesering mungkin.
  • Lindungi mata anda dari hal hal yang menyebabkan mata merah
Lindungi mata anda dari debu, asap, terik cahaya matahari dan angin yang kencang. Hindari berada lama dalam keadaan yang seperti itu. Jika anda tidak dapat menghindar dari keadaan tersebut, kejap-kejapkan mata anda dan pijat dengan lembut mata anda yang terpejam dengan telapak tangan. Gunakan pelindung, misal Kacamata.
  • Jagalah jarak pada saat menonton televisi dan bekerja di depan komputer
Jarak yang aman jika menonton TV adalah minimal tujuh kali lebar televisi. Demikian pula, bila Anda bekerja di depan layar komputer. Jarak yang aman antara monitor dan mata adalah minimal 40 cm. Jika Anda bekerja cukup lama didepan monitor komputer, dan kemudian mata terasa pedih dan capek, maka segeralah beristirahat sebentar, sekitar 10 menit, dan arahkan pandangan ke obyek yang jauh.Setelah mata terasa rileks, mulailah untuk meneruskan kerja Anda kembali. Pengaruh gelombang elektromagnetik pada komputer atau televisi dapat merusak retina mata. Rabun jauh (myopia) sering terjadi pada anak yang menonton televisi dalam jarak dekat.
  • Jika anda membaca perhatikanlah hal hal berikut :
  1. Jarak normal pada saat membaca adalah 30 cm.  
  2. Jika anda membaca hendaklah di tempat yang cukup penerangannya, Kurangnya penerangan akan membuat otot otot mata bekerja ekstra keras. Hal ini akan menyebabkan mata mudah lelah dan pedih, serta mempercepat timbulnya rabun jauh (miopia)
  3. Jangan membaca sambil tiduran
  • Jika terdapat benda asing di mata, jangan dikucek, tapi gunakan air bersih yang hangat untuk membersihkan benda asing tersebut atau segera bawa ke dokter.
Agar mata anda selalu sehat lakukanlah tips tips menjaga kesehatan mata diatas.

Description: Tips menjaga kesehatan mata
Rating: 4.5
Reviewed by: Wawan
On: 5:01 PM

2 comments

yup gan... ane uda kaca mataan. bisa ga ya klo di sembuhin

@blog alternatif, wah kalo udha ber kacamata ane ga tau gan. sumpah gan bukan ane pelakunnya, ane ga bisa nyembuhin, hehehehehe!

TOP