Cara Membuat Umpan Ikan Blanak Dari Terigu (Ala orang Cilacap)




Untuk membuat umpan ikan blanak dari terigu kita siapkan bahan bahannya dulu yaitu :

  1. Tepung Terigu 1 Kg
  2. Minyak Goreng 1/4 Kg
  3. 2 Gelas Air Putih
  4. Mentega
  5. 2 Sendok makan Gula Pasir
  6. 1 Sendok makan Garam
  7. 1 Sachet Susu 
Cara membuat :
  1. Campur tepung terigu, gula dan garam
  2. Masukkan minyak goreng dan mentega secukupnya
  3. Masukkan 1 Sachet susu dan 2 gelas air dan aduk hingga pulen
  4. Setelah pulen lalu di tanak (dikukus) selama 30-60 menit
  5. Setelah matang lalu di tumbuk hingga halus seperti membuat Getuk


Demikian Resep Umpan Ikan Blanaknya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


Description: Cara Membuat Umpan Ikan Blanak Dari Terigu (Ala orang Cilacap)
Rating: 4.5
Reviewed by: wawan coy
On: 5:57 PM

18 comments

lam kenal mas wawan , blognya , aku ge hobby mancing tapi rung tau mancing blanak gep njajal resepe mas wawan .. hehehe...
mampir ke blogku ya
trims

akhir2 ini aku sering mancing belanak mas, biasane mancing nila nganggo lumut, suatu saat mancing nang muara kok kena belanak dadi keterusan pas, pingin nyoba carane mas wawan, ditempatku mas selain belanak banyak juga lele keting, wah rakus tenan iwak kuwi dan belanak jadi takut kalo keting dah nyerbu, miturut pengalamane sampean, umpan punya sampean diembat juga apa enggak sama lele keting, tolong infone yo, maturnuwun. (lek sempat kirim nang email iki yo mas : bpknyapandu@yahoo.co.id)

@mas bei. wah kalau ikan keting doyan banget. kalo ikan lele belum tau doyan apa ngga. cari aja tempat yang jarang ada ikan lele sama ketingnya. atau kalau ga ada tempat kombinasi antara umpan ini dengan lumut juga bisa. kumpulin dulu ikan blanak dengan umpan ini trus pancing dengan lumut biasanya bisa.

Mas wawan, salam kenal. Aku orang baru di wilayah purwokerto. Aku hobi banget mancing tapi belum pernah mancing di muara sungai. bisa minta tolong buat jadi penunjuk arah dan ngajarin mancing ikan muara kalo misal suatu saat aku pengen mancing di daerah cilacap (emailku endahsripalupi@yahoo.com )

boleh aja. saya tunggu mainnya ke cilacap ya! nanti saya tunjukin lokasi mancing disini.

Mas wawan salam kenal, sy udah coba umpan mas wawan,saya mancing blanak di sungai suwuk umpanya sudah ok cuma begitu di tempel pemancing dari kroya ko ikannya pada pindah ke yang sebelah.., usut punya usut katanya umpan yang sebelah di kasih minyak kusus yang katanya dari cilacap namanya tidak di kasih tahu... kalo saya boleh tahu itu minyak apa mas belinya dimana? trims sebelumnya.agus kebumen

Umpannya kalau kita makan apa juga terasa enak dilidah ?

Mas untuk perekatnya pake apa ? agar tidak hancur saat terlempar ke air ?

mas wawan...untuk panjang senar/kenurnya sebrapa panjang? apa sama panjang dengan joran yg kita pakai. trim infonya

@Restsindo-hty, hehe silahkan dicoba mas enak apa ngga, kalo perekat nda pake mas, soalnya cara saya mancing kan ngga dilempar, tapi ditenggelamkan mas :)

@Handrik Eka, untuk panjang senar saya menyesuaikan kedalaman air mas atau seberapa dalam ikan mau makan umpan, biasanya saya ngukurnya : panjang joran+tinggi lokasi dari permukaan air+kedalaman ikan, tapi minimal ukurannya harus 2x panjang joran, misal bila joran 4 meter ya minimal 8 meter

Mas Wawan Salam Kenal, Saya pemancing asal surabaya yang biasa mancing di MENGARAI daerah Gresik disana potensi ikan belanak sangat banyak tetapi sayangnya saya pancing tdk pernah dapat (apa mungkin belum tau teknik mancingnya)kalau di jaring sama nelayan banyak yang dapat. Yang saya tanyakan kondisi air pasang apa surut waktu yang baik untuk mancing belanak.
Kalau Ikan kerapu, Sembilang, Cukil sering saya dapat

ok trim bagi terus tipnya dongg kalau berhasil saya kabari deh.

salam kenal semua dan masbro yang punya block.. mantap isnfonya.. saya berada di pinggiran pantai glagah dan congot di yogyakarta.. saya malah baru dengan dari bro yang punya blog kalu pakai susu.. mantap kayaknya besok saya coba.. resep ane,, gandum/tepung segitga 1kg. garam 1balok, 4 bungkus masako, di tambah bawang putih 2 siung. 1buah prambos. sedikit perangsang ikan,, simas seperempat bungkus. pranili 4 bungkus. cara bikinnya sama dengan di blog ini.. saya uji coba dengan garam sedikit sama garam yang bnyak,, kalu di sungai dekat sini.. kalu kurang rasa asin yang makan kating.. nah biar kating ga cepat menyerang kasih dengan garam yang bnyak.. ok mas bro... semoga mambantu

gan au tanya nih, kalau misalkan ini racikan di campur sama lemak ayam bagus ga...?? mohon info nya

@mas bambang koco, wah bagus itu mas kalo banyak ikan blanaknya, kalo ditempat saya populasi ikan blanak sudah menurun soalnya sudah terlalu banyak yang pinter mancingnya, kalo lagi musimnya 1 hari bisa kena 1 ton lebih sama pemancing. kalo masalah pasang surut tergantung sama tempat dan ikannya juga sih mas, yang penting kalo masih ada blanak yang berkeliaran ditepi biasanya bagus sekali mas.

@ mas kulonprogo, pake susu kalo kondisi ngga ada ikan kating mas nanti malah habis sama kating, terimakasih juga buat tambahan resep buat ngusir katingnya mas. ditempat mas kulonprogo keliatannya tempatnya banyak sekali ikan blanaknya (saya liat diblog), bisa dapet berapa kilo mas disitu? sayang ditempat saya sudah jauh menurun populasi ikan blanaknya, kalo dulu tahun 2005 waktu masih belajar, ngga sampai sehari saja bisa penuh mas 1 karung.

misi mas wawan, saya blajar mancing blanak gak bisa2, juga umpannya gak jadi terus, rtesepnya udah di coba, tapi mungkin saya gak bisa nyampurin biar jadi, udah hampir sebulanan saya coba mancing belanak tapi belum pernah dapat satu pun, kalo boleh saya pengen liat cara mas bikin umpannya? sama sekalian saya diajakin mancing mas?
saya orang kroyaan ajah, nope saya, kalo mas berkenan ngundang saya, 085726035384/089635128772, thx mas.

@mas kurniawan, boleh mas, kapan kapan saya ajak mancing kalo lagi musim. hubungi saya disini aja 085726011844

di coba gan,emang susah mancng belanak,ane coba ah umpan ny.kalo pake umpan ala ikan mas bisa ga,buat mancng belanak

Sorry gan,numpang iklan... bagi agan yg berdomisili di cilacap,, silahkan yg mw investasi riil di toko sepatu silahkan aja mampir ke blog ane http://investasitoko.blogspot.com/ , stop investasi yg gak jelas,,, beralihlah ke investasi yg riil...... maen k blog ane ya gan :)

TOP