Cara Memancing Ikan Blanak Ala Cilacap



Memancing ikan blanak ala cilacap memang pada awalnya sangat susah karena disamping membutuhkan konsentrasi dan reflek yang tepat juga harus memahami bagaimana umpan kita dimakan sama ikan blanak atau tidak. Menurut saya memancing dengan cara ini lebih efektif dan lebih cepat dibandingkan dengan cara memancing blanak dengan lumut. Saya sudah pernah mendapatkan ikan blanak 20 kg dengan teknik ini dalam sehari, bahkan teman saya ada yang pernah dapat sampai 60 kg dalam sehari. Ok, langsung saja kita siapkan peralatannya lebih dulu

Walesan (bahasa gaul dari Joran)
Joran untuk mancing blanak ala Cilacap ini memakai 2 joran, pertama joran untuk mengumpulkan ikan (orang cilacap menyebutnya andem), joran jenis ini bebas pake joran apa aja yang penting sopan (he.... kayak mau kondangan aja....) dan yang kedua untuk mancingnya kita sesuaikan dengan tempatnya.
Untuk mancing dari tepian kita gunakan joran yang panjang sekitar 4 - 5 meter, joran yang digunakan harus kaku, lurus dan ujung joran (pucuk joran) harus lentur karena untuk mengetahui dimakan atau tidaknya sama ikan blanak tergantung sama ujung joran ini.
Untuk mancing dari tengah (misal dari atas pemecah ombak atau dari perahu atau dari pelabuhan) kita gunakan joran yang pendek 1 - 1,5 meter dengan ujung yang lentur

Pancing
Untuk pancing kita pake yang nomer 9 atau 10, untuk tau cara membuatnya klik disini

Kail
Untuk kail pengumpul ikan ujung kail di beri timah yang besar untuk menempatkan umpan pengumpul seperti ini

Untuk mancing kita tekuk sekitar 5 cm keatas lalu di ikat untuk mengaitkan pancing.

Umpan
Umpan kita pake umpan yang terbuat dari terigu, kalo belum tau klik disini cara membuat umpannya

Kalo udah komplit ayo kita langsung meluncur ke TKP......


Pertama kita ukur kedalaman air dengan kail pengumpul ikan lalu tandai kail, cara menandai kail yaitu turunkan timah hingga ke dasar lalu beri tanda kira kira diatas air(asal keliatan) lalu tandai sama panjangnya dengan kail untuk memancing, hal ini memudahkan kita untuk menyesuaikan kedalaman umpan pengumpul pada saat memancing karena pada saat memancing umpan mancing harus sejajar dengan dengan umpan pengumpul ikan.
Siapkan umpan pengumpul yang di bentuk seperti bola seperti gambar diatas dan langsung aja masukkan ke air sampai mentok ke dasar, angkat kira kira 10 cm dari dasar dan tunggu hingga umpan dimakan.


Kalau Umpan pengumpul sudah dimakan langsung aja kita pancing, ambil umpan secukupnya untuk ditempel di kawat pancing di bentuk tipis mengikuti kawat dan berlawanan dengan pancing. Masukan pancing kedalam air dan sesuaikan kedalaman dengan tanda yang kita buat tadi.
Hal terpenting memancing blanak dengan teknik ini adalah bagaimana kita mengetahui umpan kita dimakan atau tidak, karena walaupun umpan kita dimakan puluhan kali tangan kita ngga bakalan terasa sama sekali kecuali ikan yang nyantol dengan sendirinya.
Perhatikan ujung joran kita, tanda blanak makan adalah ketika ujung joran kita terlihat seperti bergetar ataupun terlihat bergerak, pergerakan apapun yang kita lihat kita harus tarik joran kita keatas karena memang seperti itu ikan blanak makannya. Kalo tepat maka ikan blanak akan kena, kalau belum ulangi lagi secara terus menerus cara diatas. kalau sudah berhasil memahami saya yakin anda dapat ikan yang banyak.

Demikian tips mancing blanak dari saya, semoga bermanfaat. Selamat mencoba ......!




Update :
Silahkan baca : Cara kerja memancing ikan belanak ala cilacap




Description: Cara Memancing Ikan Blanak Ala Cilacap
Rating: 4.5
Reviewed by: wawan coy
On: 11:01 PM

14 comments

Mas wawan..kapan anda akan mancing di Jeruklegi-Cilacap lagi, klo boleh saya kepengen belajar mancing belanak disana (jeruklegi)...mohon info.

Kalau saya sih belum ada rencana mancing lagi, karena akhir akhir ini kegiatan saya padat

Oke....bagaimana kalau jauh2 hari kita janjian saja, siapa tau waktunya bisa senggang bersamaan....mas wawan asli cilacap ya..? tepatnya dimana? kabari saya via email saja. iwan_molex@yahoo.com terimakasih.

bagus sekali artikelnya mas wawan...yg saya tau mancing belanak itu pake pancing banyak yg dibungkus umpan (mungkin umpannya sama dg umpan mas wawan)berbentuk bola, jadi ikannya mungkin terkait di satu dari banyaknya mata pancing tsb..pernah dilihatin di mancing mania tahun 2011 akhir di daerah selatan jawa tengah (kebumen?). trmksh

Gak berhasil babar blas om wawan... saya mancing di muara di daerah pekalongan...
mungkin ada saran lain om.... ditunggu balasannya ya... maturnuwun...

mas, aku blh minta nmr hp? makasih.

@Ayis, masa sih om ga berhasil? ya memang rada susah om ayis, saya juga dulu belajar sebulan baru bisa dapat ikan blanak hehehe, memang nda mudah seperti kalo mancing biasa sih, perlu banyak belajar om :)
@Anonymous, boleh, tapi jangan disini yak bro, email aja ke coy.wawan@gmail.com nanti saya kasih tau :)

wah saya belum pernah tuh mancing di cilacap. kalo kawunganten pernah. ditempat saya juga ada rawa kapan2 mampir ya, kita mancing sama sama. nih ada sedikit info lokasi mancing di tempat saya. http://lets-gofishing.blogspot.com/?m=1

@mancing rawa. wah boleh juga tuh gan kita mancing bareng, gede2 ngga ikannya?

test ah ntar... thanx gan infonya...

mas wawan itu mancing belanak di jeruk legi tepatnya di daerah mana? Saya orang Binangun

@ Liklan, Dekat SMA 1 Jeruklegi. Masuk aja jalan sma 1 jeruklegi, lurus terus sampai ketemu sungainya. Jalannya agak jelek tapi :)

TOP